Tasyakuran 90 Tahun Bapak H.A Soetarto Hadiwinoto

image

 

Tak ada kata yang patut diucapkan selain kalimat syukur Alhamdulillahirabbil 'alamin: الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ - atas nikmat umur panjang dan berkah kepada Ayahnda H.A. Soetarto Hadiwinoto, Pembina YPI Al-Fikri yang menaungi sekolah Al-Azhar Kalibanteng. Sungguh nikmat Allah yang luar biasa karena di usia beliau yang ke-90 tahun masih tampak sehat. 
Bapak H.A Soetarto Hadiwinoto yang sering dipanggil Pak Tarto, lahir tanggal 12 Mei 1926 di desa Geneng, Tambak Merang, Kecamatan Girimarto Wonogiri. Beliau putra ke-7 dari 9 bersaudara dari ayah yang seorang petani bernama Mariyo Sonorejo dan dari ibu yang bernama Syiam. Ada satu pesan nasehat yang disampaikan orang tua Pak Tarto dan selalu diingat dan diterapkan yakni "kemlawe kemlamet " Artinya siapa yang mau bekerja apa saja pasti akan merasakan hasilnya. Semangat "kemlawe kemlamet " itulah yang menghantarkan pak Tarto menjadi orang berhasil seperti sekarang.
Bapak Soetarto sangat peduli dengan dunia pendidikan. Meski beliau telah memiliki sekolah SMP - SMA Kesatrian yang cukup terkenal di Semarang, namun beliau ingin mendirikan sekolah yang bernuansa Islam. Pak Tarto sangat prihatin, sekolah swasta bermutu di Semarang kebanyakan sekolah Kristen/Katholik. Sehingga banyak orang tua muslim yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut, termasuk putra putri Beliau. Maka pada tahu 1997, pak Tarto merintis pendirian TK Islam Al-Azhar yang bekerja sama dengan YPI Al-Azhar Jakarta, dengan mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fikri (YPI Al-Fikri) bersama teman teman pengusaha beliau seperti H.Imam Syafi'i, H.Soewanto, H. Zoebaidi Maksoem (Alm). Awalnya jumlah murid hanya 11 anak. Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi , terbukti tahun 2000 didirikan Kelompok Bermain. Dan pada tahun 2001 berdirilah SD Islam Al-Azhar 25 dengan hanya 17 murid. Kini murid SD berjumlah 770 murid. Kemudian tahun 2010 didirikan SMP Islam Al-Azhar 23. Dan pada tahun Ajaran 2016/2017, dirintis pendirian SMA Islam Al-Azhar 15. Semua berlokasi di kawasan Kalibanteng.
Perkembangan pesat sekolah Al-Azhar Kalibanteng ini tak lepas dari tangan dingin pak Soetarto. Dengan gaya kepemimpinan yang penuh kekeluargaan, bersahaja dan bijaksana akhirnya mampu menghantarkan sekolah Al-Azhar menjadi sekolah favorit warga Semarang. 
Kini di usia senjanya, pak Tarto bisa tersenyum bahagia. Beliau yang sebenarnya pernah bercita cita jadi guru, kini malah memiliki dan momong banyak guru. Semoga semua pengorbanan dan cinta kasih beliau pada dunia pendidikan menjadi amal jariyyah yang tiada pernah putus pahalanya…Barakallah fii umrik Ayahnda H. A. Soetarto Hadiwinoto…aamiin. (Bu Tina)

 

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

INFORMASI
image

SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG

 

Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Tengah

Nomor : 130/BAP-SM/X/2012

 

Berada di bawah Naungan :

YPI AL-FIKRI SEMARANG

Jl. W.R. Supratman Kav. 31-32

Semarang

 

Dan di bawah Pengawasan :

YPI AL-AZHAR JAKARTA

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru 

Jakarta Selatan 12110

SUMBER BELAJAR
LINK
Copyright © 2018 Pusat Sumber Belajar 25 · All Rights Reserved