Penerapan Teknologi Pangan Melalui Kegiatan Puncak Tema

image

 

Suatu hari pak M Lukman Hakim bertanya pada murid kelasnya yaitu kelas IV B tentang jenis makanan. Burger, spagheti, pizza adalah makanan yang tak asing bagi muridnya. Namun ketika ditanya, pernahkah makan gandos, ternyata banyak anak yang tak tahu. Padahal banyak jenis makanan lokal yang tak kalah lezat dan lebih sehat.
Untuk lebih mengenal makanan lokal dan cara pembuatannya, para murid kelas IV mengadakan Puncak Tema pada hari Rabu, 25 Mei 2016 di halaman sekolah. Kali ini ada 4 jenis makanan yaitu martabak, es puter, jos gandos dan leker.
Acara diawali dengan sambutan Bapak Nur Khotim selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya beliau berharap, dengan kegiatan ini semoga dapat menginspirasi anak-anak kelak menjadi entreprenur kuliner nan hebat. Dilanjut pengalungan simbolis peserta kepada ketua kelompok. 
Warung Martabak adalah warung pertama yang dikunjungi pak Nur Khotim. Pak Darmawan Agus selaku penjaga warung martabak mendaulat pak Nur Khotim untuk membuat sendiri martabak dan menggorengnya disaksikan para ketua kelompok.
Selanjutnya pak Nur Khotim melanjutkan kunjungan ke Warung Es Puter. Bu Ismi Istiqomah dan Bu Isni Larasati sebagai penjaga warung dengan piawai menjelaskan proses pembuatan es puter yang berbahan santan, susu, gula pasir, es batu dan garam krosok.
Warung selanjutnya adalah Warung Jos Gandos yang mana mendatangkan Pak Tugino penjaja gandos di sekitar Jl. Suratmo - Tarupolo. Pak Tugino yang akrab dipanggil Mbah No berasal dari Solo, dengan telaten menjelaskan cara pembuatan Jos Gandos yang berbahan tepung beras, tepung terigu , kelapa semanten, garam dan air. Pak Nur Khotim berkesempatan mengicipi jos gandos. 
Dan warung terakhir adalah warung leker dengan mendatangkan mas Edo, penjaja leker di sekitar Manyaran. Leker yang berbahan tepung kanji, air dan gula ternyata pembuatannya unik karena memakai belakangnya teflon sebagai alat cetak. Warung leker bang Edo ini didampingi ibu guru Siti Rachmawati.
Usai kunjungan pak Nur Khotim di empat warung, selanjutnya kesempatan murid kelas IV untuk belajar mengenal 4 makanan di atas beserta proses pembuatannya. Tentu saja ini menjadi pengalaman berharga bagi murid kelas IV. (Bu Tina)

 

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+9+7

INFORMASI
image

SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG

 

Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Tengah

Nomor : 130/BAP-SM/X/2012

 

Berada di bawah Naungan :

YPI AL-FIKRI SEMARANG

Jl. W.R. Supratman Kav. 31-32

Semarang

 

Dan di bawah Pengawasan :

YPI AL-AZHAR JAKARTA

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru 

Jakarta Selatan 12110

SUMBER BELAJAR
LINK
Copyright © 2018 Pusat Sumber Belajar 25 · All Rights Reserved