MANDALA BHAKTI...TERTATA RAPI

image

          Dokumen adalah sebuah tulisan yang memuat informasi. Biasanya ditulis di kertas dan informasinya ditulis menggunakana tinta. Dokumen juga merupakan sesuatu yang sangat berharga bahkan bisa mempengaruhi jalan hidup seseorang. Misalnya, ijazah, seseorang tidak akan dapat melamar pekerjaan sesuai dengan jenjangpendidikannya jikalau dokumen berupa ijazah terakhirnya hilang begitu saja. Agar tidak hilang atau rusak, maka dokumen harus dirawat dan dijaga dengan baik. Tidak hanya oleh orang dewasa, akan tetapi pada usia anak-anak pun harus diperkenalkan bagaimana cara merawat dan menjaga dokumen.

            Untuk menanamkan betapa pentingnya merawat dokumen sedini mungkin, maka murid-murid kelas 2 SDIA 25 Semarang mengadakan puncak tema bertema dokumen yakni dengan mengadakan kunjungan ke musium Mandala Bhakti. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Oktober 2011. Murid-murid kelas 2 didampingi oleh guru-guru kelas 2 bersama-sama berkunjung ke musium tersebut.

        Sebelum berangkat ke musium, murid-murid melaksanakan ikrar dan berdoa terlebih dahulu serta dilanjutkan dengan tadarus, kemudian sambutan dari kepala SDIA 25 sekaligus pemberangkatan, setelah itu baru murid-murid kelas 2 beserta guru-guru kelas 2 berangkat ke musium Mandala Bhakti. Di musium Mandala Bhakti, murid-murid diberi pengarahan terlebih dahulu  oleh guru dan pemandu, baru kemudian mereka melihat-lihat dan mengamati. Disana mereka melihat dengan berbagai macam dokumen dan barang-barang milik negara yang tertata rapi dengan sangat antusias. Benda-benda tersebut antara lain peralatan perang yang digunakan oleh para pejuang untuk merebut kemerdekaan seperti amunisi, senapan, meriam, mobil tanker, proses dan peralatan medis, kendi manunggal TNI-Rakyat, dll. Selain peralatan perang, juga terdapat perpustakaan buku-buku kuno. Perpustakaan ini digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen dan buku-buku yang sudah sangat tua. Di tempat inilah murid dijelaskan bagaimana cara merawat dokumen-dokumen kuno yakni dengan cara proses fumigasi. 

       Tujuan diadakannya kegitan puncak tema tersebut adalah untuk mengenalkan berbagai dokumen dan barang-barang koleksi milik negara. Hal ini sesuai dengan tema pada pembelajaran tematik kelas 2 term pertama yaitu bertema dokumen. Dengan melihat barang-barang milik negara dengan baik, murid-murid akan mengenal bagaimana cara-cara memelihara dokumen sehingga akan tumbuh rasa saling memiliki dan menghargai barang milik sendiri. Selain itu, dengan berkunjung ke musium Mandala Bhakti, diharapkan akan tumbuh rasa nasionalisme pada diri murid-murid. Sehingga karakter semangat kebangsaan secara otomatis telah terintegrasi dalam kegiatan tersebut.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

INFORMASI
image

SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG

 

Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Tengah

Nomor : 044/BAPSM-JTG/SK/X/2018

 

Berada di bawah Naungan :

YPI AL-FIKRI SEMARANG

Jl. W.R. Supratman Kav. 31-32

Semarang

 

Dan di bawah Pengawasan :

YPI AL-AZHAR JAKARTA

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru 

Jakarta Selatan 12110

SUMBER BELAJAR
LINK
Copyright © 2019 Pusat Sumber Belajar 25 · All Rights Reserved