MENCARI HARTA KARUN DI TAMAN JAMU NASIONAL

image

Minum jamu itu sehat. Itulah yang ditekankan oleh Bu Endang, pengelola taman jamu nasional PT Nyonya Menir, kepada murid-murid kelas 3 SD IA 25 Semarang. Murid-murid SD Islam Al Azhar 25 Semarang mengadakan puncak tema ke Taman Jamu Nasional PT Nyonya Meneer pada hari Senin, 28 November 2011 / 2 Muharram 1433 H.  Taman Jamu Nasional tersebut terletak di Kecamatan Bergas, Ungaran.

Setelah melaksanakan ikrar dan doa bersana, murid-murid bersama guru berangkat menuju ke lokasi. Setiba di lokasi, murid-murid mendegarkan penjelasan dari Bu Endang dan menyaksikan video mengenai tanaman yang berkhasiat dan sejarah penggunaan jamu di Indonesia yang sudah digunakan sejak jaman kerajaan Hindu dan Budha. Kemudian, murid-murid melakukan eksplorasi dan elaborasi di lapangan mengenai jenis tanaman-tanaman yang berkhasiat. Murid-murid dipandu instruktur dari PT Nyonya Meneer berkeliling mengamati dan mencermati jenis tanaman yang berkhasiat dan kegunaannya. Murid-murid tidak hanya melihat tetapi juga membaui tanaman yang beraroma dan merasakan tanaman yang bisa dirasakan serta melihat siklus hidup tanaman dimulai dari biji hingga menjadi besar.

Selanjutya, murid-murid melakukan game atau permainan. Permainannya yakni game kerjasaman dan pencarian harta karun. Game permainnya berupa menggiring bola dengan bambu secara berkelompok dan memindahkan botol air minum yang diletakkan di map plastik yang disudutnya diikat dengan tali. Setelah selesai melakukan dua jenis permainan tersebut, setiap kelompok akan mendapatkan petunjuk mengenai harta karun. Murid-murid secara berkelompok bekerja sama menemukan harta karun tersebut sesuai dengan petunjuk.

Puncak tema tersebut merupakan aplikasi dari pembelajaran tematik kelas 3 yakni pelajaran Sains, PKn, dan IPS. Melalui pengamatan terhadap tumbuhan yang berkhasiat serta mengamati siklus hidup tumbuhan, maka hal tersebut sesuai dengan pelajar Sain. Sedangkan game kerja sama dan pencarian harta karun yang notabene melatih siswa agar terbiasa bekerja dalam kelompok (kerja sama), itu sesuai dengan mata pelajaran PKn yakni kerja sama. Selanjutnya, pencarin harta karun secara berkelompok di taman jamu nasional, melatih murid-murid untuk bisa membaca petunjuk (peta) mengenai letak suatu tempat (harta karun tersebut berada).


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

INFORMASI
image

SD ISLAM AL AZHAR 25 SEMARANG

 

Terakreditasi A

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Tengah

Nomor : 044/BAPSM-JTG/SK/X/2018

 

Berada di bawah Naungan :

YPI AL-FIKRI SEMARANG

Jl. W.R. Supratman Kav. 31-32

Semarang

 

Dan di bawah Pengawasan :

YPI AL-AZHAR JAKARTA

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru 

Jakarta Selatan 12110

SUMBER BELAJAR
LINK
Copyright © 2019 Pusat Sumber Belajar 25 · All Rights Reserved